Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

6 Tips Sebelum Mengikuti Kontes Kucing


Untuk mengetahui performa kucing ras yang anda miliki, sertakanlah kucing anda dalam berbagai ajang kontes kucing. Seiring dengan semakin melimpahnya hobiis kucing, kontes kucing pun menjadi semakin semarak, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Untuk mengikuti kucing, ada beberapa syarat yang harus dimiliki kucing, salah satunya adalah sudah divaksin.(Baca juga “ Jadwal Vaksinasi Kucing”)

Bagi anda yang baru pertama kali mengikuti kontes kucing, ada beberapa latihan yang perlu anda ajarkan kepada kucing anda sebelum mengikuti kontes. Semuanya dirangkum di “6 Tips Sebelum Mengikuti Kontes Kucing”.

1.Biasakan kucing dikurung di dalam kandang

Apabila kucing belum pernah mengikuti kontes, latihlah kucing agar terbiasa dikurung dalam kandang (Baca juga Kandang yang Baik untuk Kucing), seperti yang digunakan pada saat kontes. Secar bertahap, latihlah kucing agar dapat dikurung hingga 8 jam lamanya, karena pada saat kontes berlangsung kucing akan dikurung dalam kandangnya masing-masing selama kurang lebih 8 jam.

2.Latih kucing agar terbiasa di dalam kendaraan


Karena jarak antara rumah dan tempat kontes biasanya relative jauh, maka latihlah kucing agar terbiasa bepergian jauh. Ini pun harus dilakukan secara bertahap, hingga akhirnya memenuhi perkiraan jarak dan waktu tempuh perjalanan.






3. Biasakan kucing agar mau dipegang orang

Ini sangat penting karena pada saat kontes, juri melakukan penilaian dengan memegang kucing. Oleh sebab itu, kucing harus mau dipegang oleh selain tuannya.






4.Beri nutrisi sebelum kontes

Untuk menjaga agar status kesehatan kucing berada dalam kondisi terbaik, pemberian nutrisi yang baik harus dilakukan setidaknya 40 hari sebelum kontes dilaksanakan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadi reaksi pascavaksinasi yang tidak diinginkan, yang mungkin timbul pada saat kontes berlangsung.




5.Grooming

Kebersihan dan keindahan bulu kucing juga harus dijaga, Grooming dapat dilakukan 2 minggu sebelum kucing mengikuti kontes dan sehari sebelum kontes berlangsung.






6.Siapkan semua perlengkapan kucing

Pada hari berlangsungnya kontes, jangan lupa untuk membawa semua perlengkapan kucing, seperti tempat buang air, tempat pakan dan minum, selimut, peralatan grooming, kalung untuk memasang tanda peserta, dan beberapa mainan yang disukai oleh kucing.

Itu tadi “6 Tips Sebelum Mengikuti Kontes Kucing” yang telah saya bagikan kepada anda. Baca juga artikel-artikel lainnya yang ada di Kucingku.info untuk menambah pengetahuan anda tentang kucing. Terima kasih.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment