Blog ini berisi informasi seputar binatang mulai pengenalan,kesehatan,hingga tips seputar cara merawat hewan

Jadwal Vaksinasi Kucing


Selama hidupnya kucing memiliki potensi untuk terserang penyakit.Ketika kucing sakit,banyak factor yang kemungkinan terlihat dalam di dalamnya,diantaranya genetika,lingkungan,nutrisi,kemampuan tanggap kebal,dan yang terpenting tingkat kepedulian pemilik kucing dalam melakukan pencegahan penyakit.
Salah satu tindakan pencegahan penyakit adalah melalui vaksinasi.Kalian dapat melakukan vaksinasi pada kucing di dokter hewan setempat.Prinsip vaksinasi adalah menimbulkan kekebalan terhadap penyebab penyakit tertentu.Jadi,jika kucing telah divaksinasi,di kemudian hari kucing terserang penyakit,sisterm kekebalan tubuh kucing akan mampu melawannya sehingga kucing tidak akan sakit.



Berikut ini adalah jadwal vaksinasi yang harus rutin dilakukan kepada kucing mulai usia 16 minggu hingga beranjak dewasa.

A.VAKSINASI UTAMA

1.Rabies
Vaksinasi dilakukan pada umur 16 minggu dan 1 tahun + 4 bulan. Vaksinasi ulangan dapat dilakukan 1-3 tahun sekali tergantung pada kondisi setempat.




2.Herpes/calicavirus
Vaksinasi dilakukan pada umur 8 minggu,12 minggu,16 minggu,dan 1 tahun + 4 bulan.Vaksinasi ulangan dapat dilakukan setiap tahun atau berdasarkan rekomendasi dokter hewan.





3.Panleukopenia
Vaksinasi dilakukan pada umur 8 minggu,12 minggu,16 minggu, dan 1 tahun + 4 bulan.Vaksinasi ulangan dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter hewan.








4.Feline leukemia
 Vaksinasi dilakukan pada umur 9-12 minggu dan 12-16 minggu.Vaksinasi ulangan dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter hewan.





B.VAKSINASI PILIHAN

1.Chlamydophila

2.Bordetella

3.Feline Infectious Peritonitis

4.Feline Immunodeficiency Virus

Semua dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter hewan.

Itu tadi jadwal vaksinasi kucing yang telah saya jelaskan.Untuk lebih jelasnya anda dapat berkonsultasi langsung ke dokter hewan setempat.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat.Baca juga tips dalam membeli kucing bagi anda yang ingin membeli kucing namun kesulitan apakah kucing yang akan dibeli itu sehat atau tidak.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment